Kapolda Jambi hadiri acara Puncak hari Adat Melayu Jambi 1 Muharram 1446 H Tahun 2024

Jambi - Kapolda Jambi Irjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si, menghadiri acara Puncak hari Adat Melayu Jambi 1 Muharram 1446 H Tahun 2024 yang berlangsung di Abadi Convention Centre Kota Jambi dengan mengusung tema “Setengah Abad Lembaga Adat Melayu Jambi," pada Minggu (07/07/2024).

Acara ini dihadiri Gubernur Jambi H. Al Haris, Anggota DPR RI H. Bakri, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi Hasan Basri Agus, Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi H. A. Bakri serta Forkopimda Provinsi Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dalam kesempatan itu mengucapkan Selamat Hari memperingati Setengah Abad Lembaga Melayu Jambi.

"Semoga momen kegiatan ini menjadi suatu kebanggaan masyarakat Jambi dan tetap menjunjung tinggi adat Melayu Jambi," ucap Kapolda Jambi.

Terpisah, Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus MM, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tanggal 2 Juli ditetapkan sebagai Hari Adat Melayu Jambi. Penetapan ini berdasarkan sejarah pertemuan lembaga adat se-Jambi pada tahun 1502 di Bukit Siguntang Tebo, yang dipimpin oleh orang Kayo Hitam. Drs. H. Hasan Basri Agus MM berharap agar hari adat ini bisa diperingati setiap tahunnya sebagai momentum untuk memperkuat dan melestarikan budaya adat Melayu Jambi.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga kekayaan budaya dan adat istiadat Melayu Jambi sebagai bagian dari identitas dan kebanggaan kita semua.

 “Saya mengapresiasi peran serta semua pihak dalam merayakan Hari Adat Melayu ini sebagai bentuk komitmen untuk mewariskan nilai-nilai luhur kepada generasi mendatang,” ujar Gubernur Jambi.

Acara puncak Hari Adat Melayu Jambi ini juga diramaikan dengan rangkaian kegiatan budaya, seperti penampilan tari dan silat dari tim kesenian adat Melayu Jambi, yang memukau seluruh tamu undangan. Selain itu, dilakukan juga pembacaan surat keputusan perubahan SK Gubernur Jambi terkait Hari Adat Melayu Jambi, yang menjadi momen bersejarah bagi keberlangsungan budaya ini.(LAS)

Administrator
369 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi